Leaders with Influence - Influencer

Influencer – Orang yang Memberi Pengaruh

Wahh, tak terasa hampir 1 tahun saya absen menulis di blog ini. Tetapi hari ini entah kenapa, tiba-tiba rasa ingin berbagi melalui media blog ini timbul kembali. Apa ini pertanda saya harus rajin menulis lagi? Hahaha. Let’s start sharing with “Influencer”.

Kali ini saya ingin membahas tentang influencer (orang yang memberi pengaruh) lebih dalam lagi. Seperti yang sudah pernah saya janjikan di artikel 5 Level Kepemimpinan dari John C Maxwell, maka saya akan mengupas tuntas tentang influencer diartikel ini.

Apa itu Influencer?

Influencer adalah orang yang memberikan pengaruh. Kalau berbicara tentang kepemimpinan/leadership, maka kita berbicara tentang pengaruh/influence.

Pengaruh itu sesuatu yang tidak bisa dilihat tetapi akibatnya sangat terasa. Sebagai contoh adalah radiasi. Radiasi tidak bisa dilihat secara langsung, tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi pengaruhnya dari radiasi itu tidak bisa dipungkiri. Pengaruh diberikan kepada pemimpin untuk dapat melayani orang lain/menolong orang lain. Sehingga kepemimpinan itu adalah tempat dimana seseorang harus melayani. Kepemimpinan bukan tempat untuk jadi bos dimana berharap untuk dilayani banyak orang. Kalau Anda berpikiran seperti itu, maka Anda SALAH! Karena sifat leadership/kepemimpinan memang harus dituntut untuk dapat melayani orang yang dipimpinnya.

Pemimpin hidup untuk melayani orang lain, itulah yang disebut leadership/kepemimpinan. Kepemimpinan yang luas dan berakar akan dapat bertahan cukup lama. Beberapa orang yang menggunakan pengaruh ini, biasanya setelah orang tersebut sudah tidak ada, tetapi pengaruhnya masih berlangsung sampai sekarang ini. Menginspirasi kita sampai hari ini. Contoh nyatanya adalah Steve Jobs. Meskipun beliau telah tiada, tetapi dia masih mengukir sejarah di tiap individu yang mengenalnya bahkan sosoknya saat ini dapat menginspirasi kita.

Pengaruh dari Kepemimpinan

Pengaruh akan sangat berkembang dan menjadi sangat luas kalau seorang pemimpin menaruh perhatian untuk menjawab kebutuhan orang-orang yang dipimpinnya. Kalau kebutuhan orang-orang yang dipimpinya terjawab, maka kebutuhan mereka akan semakin berkembang, akan menjadi semakin baik dan bisa merasakan keuntungan dari mengikuti Anda. Kalau orang bisa merasakan keuntungan dari mengikuti Anda, karena kebutuhan mereka dijawab/terpenuhi dan mereka merasa diri mereka berkembang menjadi lebih baik, maka orang lain akan melihat hal itu. Dan dengan sendirinya orang lain ingin tahu, kenapa Anda/mereka bisa berubah, dan mengapa Anda/mereka bisa seperti sekarang ini. Nah, hal ini yang dapat menyebabkan ruang lingkup kita sebagai pemimpin menjadi berkembang.

Tetapi apabila kita salah mempergunakan pengaruh, maka pengaruh kita akan semakin kecil. Semakin Anda menggunakan pengaruh untuk kepentingan Anda sendiri, maka pengaruh Anda akan semakin kecil, sebab para pengikut Anda tidak dijawab kebutuhannya. Selama mereka mengikuti Anda, mereka hanya melihat pemimpinya sibuk memenuhi kebutuhan pemimpinnya. Hal ini tidak ada untungnya buat pengikut kita. Apabila pengaruh kita semakin kecil, maka akibatnya posisi kita semakin turun, dan masa depan kita akan berbeda daripada kalau kita memakai pengaruh kita secara efektif.

Kunci Kepemimpinan

Kepemimpinan seseorang akan sangat terbaca dari kehidupan orang-orang yang dipimpinnya. Jadi pemimpin itu yang inspiratif bukan manipulatif. Inspiratif itu fokus perubahan di diri kita sedangkan manipulatif itu fokus perubahan ada di orang lain. Lalu bagaimana menjalanakan peranan sebagai pemimpin yang seperti ini? Apakah pemimpin harus serba bisa?? Pemimpin akan memimpin dengan efektif kalau dia memimpin dari area kekuatannya. Kunci rahasianya, lead with your strength and delegate your weakness. Kelemahan kita bisa menjadi kekuatan bagi orang lain, sehingga kita bisa membuat team work yang luar biasa. Oleh karena itu, Anda harus bisa menemukan kekuatan Anda sebagai individu dan sebagai kooperasi.

Yang perlu di ingat : Leadership is not about the leader, leadership is about the follower! Kepemimpinan bukan tentang pemimpin, kepemimpinan adalah tentang orang yang dipimpin!

Di artikel berikutnya, saya akan membahas tentang “Multiply Your Influence“. Oh iya, bantu share artikel ini ya kalau artikel ini berdampak di kehidupanmu.

Stay relevant and stand out! 

Benny Santoso

Full Stack Developer and Co-Founder in RECTmedia and also owner of Imperial-Audio.com, currently living in Semarang, Indonesia. Thanks for stopping by!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *