Kepemimpinan

5 Level Kepemimpinan dari John C. Maxwell

Saya pernah membaca buku The 360 Degree Leader karangan dari John C. Maxwell. Buku ini mengingatkan saya tentang banyak hal, diantaranya adalah tentang adanya mitos-mitos kepemimpinan, tingkat/level kepemimpinan, prinsip kepemimpinan dan banyak lainnya. Hal ini kadang membuat saya merenungkan tentang “Seberapa baik saya memimpin? Apakah kepemimpinan saya berdampak atau biasa saja (nothing happen)?”.

 

Leadership/kepemimpinan?

Sebelum membahas lebih dalam, saya ingin mendefinisikan terlebih dahulu arti kata leadership/kepemimpinan. Leadership adalah kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain. Mempengaruhi disini dapat dimaksudkan sebagai dampak/berdampak. Nah, cara terbaik dalam mempengaruhi adalah dengan menginspirasi atau memberikan teladan sehingga dalam setiap apapun yang akan Anda lakukan sebagai pemimpin dapat dilihat oleh teman/rekan kerja, bawahan dan bahkan atasan Anda. Oke, sampai disini Anda pasti ingin tahu “Caranya bagaimana agar bisa memimpin seperti itu?”. Jawabannya adalah influencer. Saya akan stop sementara dahulu membahas tentang influencer karena topik ini akan saya ulas lebih dalam di artikel berikutnya. (Update : Artikel Influencer dapat di baca di Influencer)

 

5 Level Kepemimpinan

Saya beranggapan bahwa sejauh ini Anda sudah mulai memiliki gambaran tentang leadership/kepemimpinan dari informasi yang saya kemukakan sebelumnya. Konsep tentang kepemimpinan sebenarnya begitu kaya dan rumit tetapi dapat disederhanakan menjadi 5 tingkatan. Dimulai dari :

  1. Level 1 – Kepemimpinan dasar (Rights/hak) : Maksudnya adalah orang mau mengikuti Anda karena mereka memang harus melakukan hal tersebut atau lebih mudahnya dapat disebut sebagai pemimpin yang hanya mengandalkan jabatannya.
    Note : Semakin lama Anda bertahan disini, semakin tinggi perputaran karyawan dan semakin rendah semangat juangnya.
  2. Level 2 – Perkenanan (Relationships/hubungan ) : Orang mau mengikut Anda karena mereka ingin melakukan hal tersebut.
    Note : Orang akan mengikuti Anda hingga melampaui wewenang yang ditetapkan kepada Anda. Di level ini, mungkin pekerjaan akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tetapi semakin lama Anda bertahan disini, Anda dapat membuat orang-orang disekitar Anda yang bermotivasi tinggi menjadi gelisah.
  3. Level 3 – Produktivitas (Results/hasil) : Orang mau mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk organisasi tersebut.
    Note : Di level ini biasanya kesuksesan sudah bisa dirasakan oleh sebagian besar orang. Mereka menyukai Anda dan mereka juga menyukai apa yang telah Anda lakukan.
  4. Level 4 – Mengembangkan orang lain (Reproduction/reproduksi) : Disini orang mau mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka.
    Note : Disini tempat pertumbuhan jangka panjang terjadi. Hal ini disebabkan karena komitmen Anda untuk mengembangkan para pemimpin yang akan menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan bagi suatu organisasi dan manusia didalamnya.
  5. Level 5 – Puncak kepemimpinan (Respect/rasa hormat) : Orang mau mengikuti Anda karena siapa Anda dan apa yang Anda representasikan.
    Note : Di level ini biasanya pemimpin sudah menghabiskan waktunya bertahun-tahun untuk mengembangkan orang lain dan organisasi. Hanya sedikit yang berhasil, tetapi mereka yang berhasil adalah orang-orang yang mengagumkan.

Oke, sekarang Anda pasti sudah mulai bisa mengkira-kira diposisi manakah Anda saat ini. Jika Anda masih di rentang level 1 hingga 4, sudah saatnya Anda mulai memikirkannya lebih serius sehingga Anda dapat level up ke tingkat yang lebih tinggi. Jangan lupa, rasakan perbedaan tiap level Anda memimpin sehingga kelak Anda juga dapat berbagi pengetahuan ini kepada rekan Anda sehingga rekan Anda juga dapat level up.!

Benny Santoso

Full Stack Developer and Co-Founder in RECTmedia and also owner of Imperial-Audio.com, currently living in Semarang, Indonesia. Thanks for stopping by!

2 thoughts on “5 Level Kepemimpinan dari John C. Maxwell

  1. Salam mas.
    Masih ada lho mas buku-buku John C. Maxwell yang lain yang menarik juga untuk Anda baca. Mampir ke web kita aja.
    Selain Maxwell, juga ada buku-buku Jon Gordon dan pengarang kepemimpinan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *